Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek - Bunga anggrek adalah bunga hias yang perawatannya tidak bisa sembarangan untuk memperoleh hasil yang diidam-idamkan. Memang diperlukan ketelatenan dan ketekunan untuk merawatnya, namun bukan berarti hal tersebut sulit dan merepotkan untuk dilaksanakan. Setelah pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai cara budidaya bunga anggrek, pada artikel kali ini Pratiwinews akan mengajak sobat untuk mengulas poin-poin penting yang diperhatikan dalam merawat bunga anggrek. Bagi sobat yang gemar berkebun, terutama untuk jenis bunga anggrek hal-hal di bawah ini patut diperhatikan agar bunga dapat tumbuh sempurna dan pastinya menjadi daya tarik yang sangat memikat bagi yang memandangnya.

Bunga Anggrek

Cara Merawat Anggrek


Merawat bunga anggrek bagi sebagian orang yang menggemarinya merupakan hal yang menyenangkan, berinteraksi dengan bunga yang sedap dipandang mata tentu akan membuat rileks penikmatnya. Beberapa  poin di bawah ini kiranya dapat sobat terapkan pada tanaman anggrek kesayangan agar semakin indah dan tidak mudah layu:


Lokasi, suhu dan kelembaban
Bunga anggrek merupakan bunga yang mudah berkembang di dataran tinggi, meskipun sebagian juga dapat berkembang baik di dataran rendah dengan perawatan, kondisi suhu yang baik berkisar 15 – 35 derajat Celcius (suhu optimum 21 derajat Celcius) dengan sirkulasi udara yang baik dan kelembaban udara berkisar 65 – 70 %.

Cahaya matahari
Secara umum tanaman anggrek pantang kena sinar matahari langsung (meski untuk jenis tertentu ada yang memerlukan sinar matahari langsung) tetapi masih toleran terhadap sinar matahari pagi (antara jam 7 – 9 pagi)

Penyiraman
Penyiraman cukup dilakukan sekali saja dalam sehari.

Pemupukan
Pemupukan penting untuk dilakukan agar dapat membuatnya rajin berbunga. Pupuk yang tepat pada anggrek adalah pilih pupuk cair (pupuk daun)

Media tanam
Media tanam yang baik adalah yang tidak cepat lapuk, memudahkan akar menempel, berongga (porous) untuk sirkulasi udara, dapat menyimpan zat hara, serta tidak mudah menjadi sumber penyakit

Pot
Pot bisa terbuat dari tanah atau plastik. Kelebihan pot tanah adalah lebih bisa menyimpan air, sedangkan pot plastik tidak.

Setelah menyimak poin-poin di atas tentang cara merawat bunga anggrek, semoga dapat membantu untuk menjadikan anggrek kesayangan berbunga indah, karena pada dasarnya perawatan yang baik akan membawa hasil yang memuaskan. Jadikan aktivitas merawat bunga sabagai hiburan menyenangkan, maka tak akan terasa merepotkan dan hasil yang didaptkan akan sedap dipandang mata. Selamat berkebun...

Cara Merawat Bunga Anggrek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hana Pratiwi